MGMP PPKn SMP Kota Banda Aceh berkolaborasi dengan KIP Kota Banda Aceh untuk melakukan sosialisasi pemilu serentak 2024


            Banda Aceh (20/10/2022) Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) SMP Kota Banda Aceh  berkolaborasi dengan Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Banda Aceh, menyelenggarakan sosialisasi pemilihan umum (pemilu) serentak 2024. Kegiatan ini dihelat di salah satu ruangan yang ada di SMP Negeri 4 Banda Aceh pada pukul 15.00 Wib. Kegiatan ini dihadiri oleh puluhan anggota MGMP.  Sosialisasi ini disampaikan oleh Muhammad AH. M.Kom.I selaku anggota KIP Kota Banda Aceh divisi hukum dan pengawasan.

            Dalam sambutannya Nining Suryani Ketua MGMP menyampaikan agar kolaborasi ini bukanlah merupakan awal dan akhir namun harus menjadi awal dan berjalan secara berkelanjutan. Harapan kami KIP Kota Banda Aceh dapat selalu bersinergis, apalagi Guru PPKn memiliki tanggung jawab dalam menyukseskan pelaksanaan pesta demokrasi ini. Pesta demokrasi kali ini harus semakin baik dibandingkan dari sebelumnya. Terlebih lagi dilaksanakan secara serentak. Partisipasi masyarakat harus meningkat.

            Kendati peserta didik kami masih belum memiliki hak pilih, karena berusia dibawah 17 tahun. Namun demikian bukan berarti mereka tidak perlu memperoleh pemahaman yang tuntas tentang pemilu, apalagi 2024 dilaksanakan secara serentak ditahun yang sama antara pemilihan legislatif sampai eksekutif sehingga merupakan pengalaman perdana. Di pemilu selanjutnya bagi peserta didik kami yang duduk dikelas tiga memiliki hak pilihnya.

            Saat kami sebagai para gurunya belum memiliki pemahaman yang tuntas tentang pemilu serentak ini, maka akan berimplikasi kepada peserta didik kami juga. Mengintegrasikan pembelajaran dengan pemahaman yang kami peroleh tadi adalah sebuah keharusan, ungkap Nining.

            Muhammad AH dalam pemaparannya menyampaikan pemilu serentak 2024 dilaksanakan di bulan Februari dan November. Verifikasi faktual untuk calon peserta pemilu telah selesai dilaksanakan beberapa hari yang lalu. Dalam faktual ini juga, kami akan melakukan klarifikasi kepada partai politik yang diadukan oleh masyarakat terhadap pencatutan nama mereka yang sebenarnya mereka merasa tidak pernah menjadi anggota partai politik tertentu.

            Pelaksanaan pemilu serentak ini, diharapkan partisipasi masyarakat dapat meningkat dibandingkan dengan sebelumnya. Mengingat masyarakat yang bekerja diluar daerah dapat kembali ke daerah asalnya untuk menggunakan hak pilihnya untuk memiliki anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) ataupun Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten (DPRK) maupun Gubernur ataupun Bupati.      

             Sosialisasi itu berjalan dengan atensi yang tinggi yang ditunjukan oleh seluruh peserta kegiatan.  Kegiatan ditutup dengan penyerahan piagam penghargaan kepada KIP Kota Banda Aceh oleh Nining Suryani.[]

Posting Komentar

0 Komentar