MGMP PPKN JENJANG SMP KOTA BANDA ACEH MENYELENGGARAKAN LOKAKARYA P5

Dokumentasi: Lokakarya P5


 

Banda Aceh, Musyawarah Guru Mata Pelajaran  (MGMP) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) menyelenggarakan Lokakarya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang bertempat di SMP N 4 Kota Banda Aceh. Dalam sambutannya Nining Suryani selaku ketua MGMP menyampaikan Lokakarya ini dilaksanakan dalam dua sesi. Sesi pertama narasumbernya adalah Eli Kurniawati, M.Pd. ((23/02/2024))

“Pelaksanaan Lokakarya P5 ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman secara utuh kepada guru PPKN jenjang SMP Se-Kota Banda Aceh perihal apa itu P5 dan bagaimana cara memastikan bahwa capaian di P5 dapat terwujud. Apalagi secara terpisah peserta didik akan menerima Rapor P5 sebagai ukuran atas ketercapaian P5 bagi peserta didik selama satu tahun” ungkap Nining Suryani

“Temuan dilapangan selama kami melakukan monitoring masih banyak miskonsepsi tentang P5. P5 dipahami hanya dalam pada tataran produk, padahal yang ingin dicapai pada P5 adalah membangun ekosistem positif sebagai wahana pembudayaan yang pada akhirnya menciptakan karakter positif peserta didik” ungkap Eli Kurniawati. “Ada enam dimensi Profil Pelajar Pancasila yakni, pertama, beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, kedua,  Berkebinekaan Global, ketiga, Mandiri, keempat bergotong royong, kelima, bernalar kritis dan yang keenam kreatif”. 

Eli juga menyampaikan, masih banyak juga sekolah yang memasukan P5 kepada estrakulikuler padahal berdasarkan peraturan Kemendikbudristek Nomor 56/M/2022 secara gamblang menyebutkan P5 merupukan kokurikuler. 

Puluhan peserta tampak mengikuti Lokakarya ini. Hal yang menarik, banyak guru yang masa mengabdi sebagai guru tinggal 1-2 tahun lagi tetap mengikuti Lokakarya P5 secara serius dan penuh konsentrasi hal tersebut dapat dilihat dari lembaran kosong dibuku yang penuh dengan berbagai tulisan.[]       

Posting Komentar

0 Komentar