Ospek, Mentalitas atau Bully ?

Foto by Google
Pada dasarnya kegiatan OSPEK merupakan hal yang biasa, yang sudah menjadi budaya hampir disemua kampus di Indonesia. benarkah mentalitas bisa dibangun melalui kegiatan  orientasi dan pengenalan kampus tersebut atau hanya ajang bully antara senior pada junior?.
Adapun tujuan OSPEK pada dasarnya adalah:
  1. Mengenal dan memahami lingkungan kampus sebagai suatu lingkungan akademis serta memahami mekanisme yang berlaku di dalamnya.
  2. Menambah wawasan mahasiswa baru dalam penggunaan sarana akademik yang tersedia di kampus secara maksimal.
  3. Memberikan pemahaman awal tentang wacana kebangsaan serta pendidikan yang mencerdaskan berdasarkan pada nilai-nilai kemanusiaan.
  4. Mempersiapkan mahasiswa agar mampu belajar di Perguruan Tinggi serta mematuhi dan melaksanakan norma-norma yang berlaku di kampus, khususnya yang terkait dengan Kode Etik dan Tata Tertib Mahasiswa.
  5. Menumbuhkan rasa persaudaraan kemanusiaan di kalangan civitas akademika dalam rangka menciptakan lingkungan kampus yang nyaman, tertib, dan dinamis
  6. Menumbuhkan kesadaran mahasiswa baru akan tanggungjawab akademik dan sosialnya sebagaimana tertuang dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi
  7. untuk bisa saling beradaftasi antar sesama mahasiswa 
sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Orientasi_Studi_dan_Pengenalan_Kampus

walau banyak hal positif atau tujuan yang jelas, tetapi banyak kasus juga hal negatif ada dalam setiap kegiatan OSPEK, jadi menurut saya bagus atau tidaknya OSPEK sebenarnya tergantung pada yang melakukan kegiatan tersebut dan juga peserta yang mengikutinya.
Share on Google Plus

About jakfar gereku

Penulis adalah pegiat Political Club. Isi dan konten tulisan menjadi tanggung jawab penulis. Lihat Daftar Kontributor.

0 komentar:

Post a Comment