Momentum Idul Adha 1439 H: Para Politisi dapat mengambil pembelajaran

Photo/Munawwar Kordinator Political Club.


      Banda Aceh (22/08/2018) Munawwar Koordinator Political Club Prodi Ilmu Politik Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Syiah kuala, berharap momen idul adha 1439 H, dapat menjadi suatu acuan intropeksi diri bagi para politisi dalam bertarung dalam tahun politik   2019. Nilai-nilai yang terkandung dalam pelaksanaan idul adha adalah pengorbanan Ismail yang rela dikurban untuk melaksanakan perintah Allah, tentunnya kerelaan Ismail ini di dasari atas kepercayaannya, bahwa perintah tersebut merupakan hal yang terbaik untuknya.
Seyogiannya para politisi yang terpilih untuk mewakili rakyat di masing masing pemilihan, harus memiliki orientasi untuk berjuang dan berani berkorban untuk mewujudkan kebutuhan rakyat pemilihannya. Sebagaimana yang dicontohkan oleh Ismail di kala datang perintah untuk disembelih maka Ismail dengan rasa keridhaannya menerimanya. Dewan Perwakilan Rakyat memiliki tupoksi untuk mewakili rakyat di parlemen. Ada tiga tugas utama dewan perwakilan rakyat yaitu; anggaran, pembuatan peraturan dan pengawasan. Oleh sebab itu tugas utama Dewan Perwakilan Rakyat berkenaan dengan itu dan didasari untuk memperjuangkan aspirasi rakyat pada daerah pemilihan mereka.ujar Munawwar
Realitanya sekarang ada juga Dewan Perwakilan Rakyat yang menyimpang dari tupuksinya, bahkan sudah lupa dengan yang diwakilkan. Dalam pelaksanaan tugas Dewan Perwakilan Rakyat memiliki banyak tantangan dan rintangannya yang akan mereka lalui. Apalagi mekanisme pengambilan keputusan di parlemen kita melalui keputusan suara terbanyak. Tentunya hal ini dapat menjadi problematika tesendiri, acapkali gagasan dan konsep yang dimiliki oleh Dewan Perwakilan Rakyat terbenturkan karena kalah secara mayoritas pengambilan keputusan. ujar Munawwar. 
            Kita berharap saja semoga dewan Perwakilan Rakyat, baik itu untuk tingkatan DPRK sampai DPRA yang terpilih melalui mekanisme pemilihan umum di tahun 2019 nantik dapat menjadikan spirit perjuangan dan pengorbanan Ismail itu untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat dan dapat diimplemetasikan melalui penambahan plot anggaran untuk pengembangan ekonomi kreatif masyarakat dan mengatur regulasi yang pro rakyat sehingga rakyat kita dapat merasakan manfaat dari pengaturan ini dengan meningkatkan kesejahteraannya.. 

Share on Google Plus

About munawar sigli

Penulis adalah pegiat Political Club. Isi dan konten tulisan menjadi tanggung jawab penulis. Lihat Daftar Kontributor.

0 komentar:

Post a Comment