Tingkat Partisipasi Masyarakat Aceh Pada Pemilu Serentak Tahun 2017

          Pada tahun 2017 indonesia sedang ada pesta demorasi yang ada di beberapa provinsi maupun kabupaten/kota serentak pada tanggal 15 februari kemaren, arena prosesnya masih berjalan sampai sekarang ini. apalagi di daerah aceh yang baru selesai ke tahap rekapitulasi di tingkat kabupaten/kota dan akan melanjutkan ke tingkat provinsi aceh, kalau untuk calon-calon bupati/walikota di beberapa kabupaten/kota sudah menentukan kandidat yang menang pada pemilu kali ini, penulis sebutkan seperti di kota madya banda aceh yang sudah menentukan kandidat no. urut 2 atas nama bapak aminullah-zainal abidin terpilih sebagai walikota dan wakil walikota pada periode 2017-2022.

        Penulis melihat tingkat partisipasi pada pemilu  Gubernur/wakil gubernur dan bupati/wakil bupati dan atau walikota/wakil walikota tersebut meningkat, dilihat dari beberapa sumber data yang sudah dipubliskan pada beberapa media yang ada di seluruh indonesia, mulai dari media cetak, online, visual. jadi di sini penulis cuma bisa melampirkan data dari media online yang di kelola oleh KPU Pusat RI 


ini hasil partisipasi masyarakat aceh pada pemilu tanggal 15 Februari 2017 yang lalu. ini membuktikan bahwa kesadaran masyarakat aceh pada pemilu gebernur/wakil gebernur kemaren, walaupun jumlah partisapasi masyarakat tidak sampai 100 % akan tetapi itu sudah menjadikan pemilu kali ini berhasil dengan sukses.

           Kalau kita melihat data partisipasi perkabupaten/kota di provinsi aceh ini, ini membuktikan bahwa di setiap kabupaten/kota saja berbeda-beda tingkat partisipasinya di antaranya:













                     Ini lah hasil suara partisipasi masyarakat kabupaten/kota di aceh, dari 23 kabupaten/kota ada beberapa jumlah kabupaten/kota masih rendah dalam berpartisipasi di pemilu gubernur kali ini. akan tetapi di simeulu tingkat partisipasi masyarakatnya yang paling tinggi di antara kabupaten/kota yang lain, jika kita berdoman pada pemilu kali ini maka tingkat partisipasi pada pemilu mendatang akan meningkatkan grafik keseluruhan. pihak penyelengarakan harus bekerja keras dalam mensosialisasikan kepada masyarakat bahwa mulai dari pemilih pemula sampai pemilih manula dalam menjelaskan pentingnya ikut dalam pesta demokrasi tersebut..
             
Share on Google Plus

About jakfar gereku

Penulis adalah pegiat Political Club. Isi dan konten tulisan menjadi tanggung jawab penulis. Lihat Daftar Kontributor.

0 komentar:

Post a Comment